Jenis-jenis bahan kaos, macam-macam jenis bahan kaos, pilihan kaos,

Hai, jumpa lagi dengan SKJ, seragamkaosjaket.com. Kesempatan kali ini kita bakal obrolin jenis bahan kaos yang sering dipakai untuk buat kaos. Info ini memang khusus buat kamu yang masih baru di dunia konveksi ya.

Oh iya, sebagaimana judulnya, sengaja yang dibahas adalah bahan kaos yang sering dipakai kenapa? Karena kalau sering dipakai berarti rata-rata toko punya jenis bahan kaos yang sama. Waktu kamu belanja bahan X di toko A, dan barangnya nggak ada kamu nggak bakal pusing, kamu bisa cari di toko lain.

Baca juga: Pilihan Bahan Kaos yang Bagus

Coba bayangin kalau kamu pakai bahan kaos yang eksklusif, hanya ada di satu toko itu saja. Saat stoknya habis, mau tidak mau kamu mesti nunggu kiriman baru dari pabrik. Berapa lama? Nggak ada yang tahu. Kadang toko juga nggak bisa prediksi waktunya. Jadi itulah salah satu keunggulan menggunakan bahan kaos yang sering dipakai.

Apa saja bahan kaos yang sering dipakai? Yuk kita kenalan satu persatu.

Hyget

Bacanya haiget. Kamu mungkin mengenal jenis bahan kaos ini dengan nama lain yakni kaos partai. Kaos bahan hyget memang terkenal dengan harganya yang murah. Sangat cocok untuk produksi kaos promosi buat dibagi-bagiin.

Harganya yang murah identik dengan kenyamanan waktu dipakai. Rasanya panas, dan gampang bau. Maklum, bahannya dari poliester, tidak menyerap keringat, jadi waktu bakteri di badan bercampur keringat, segera tercium aroma tidak sedapnya.

Oh iya hampir lupa, untuk bisa dapat harga murah, ada minimal order yang cukup besar. Untuk kisaran harga 15.000/pcs, kamu minimal order di jumlah 3000 pcs.

Baca juga: Cara Pesan Kaos via Online

TC, Semikatun Dan BTM

Tiga bahan sekaligus kita bahas jadi satu karena range harganya tidak jauh beda atau kalau dalam bahasa Surabaya "unda-undi". Bahannya campuran antara yang poliester dan katun, dengan komposisi poliester lebih besar.

Saat dipakai lebih nyaman dibandingkan dengan hyget. Kalau dirangking berdasarkan nyaman waktu dipakai, yang pertama semikatun, kedua TC dan ketiga BTM. Sementara kalau rangking berdasarkan harga termurah dimulai dari TC, BTM lalu semikatun.

Untuk buat kaos dengan ketiga bahan ini biasanya ada jumlah minimal order di 100 pcs. Range harganya antara 30-40 rb/pcs.

Katun Combed

Ini jenis bahan kaos yang sering dipilih distro-distro. Nama aslinya combed cotton. Ada dua jenis yang umum dijumpai Surabaya combed 24S dan 30S. Keduanya dari bahan yang sama yakni katun atau kapas. Sama sama adem waktu dipakai karena bisa menyerap keringat.

Beda dari keduanya ada di ketebalan. Yang 24S lebih tebal dibanding yang 30S. Karena lebih tipis, anak-anak muda biasanya lebih sering pilih 30S karena nggak gampang gerah alias sumuk. Maklum iklim Surabaya yang panas membuat kaos yang tebal lebih terasa cepat gerah.

Baca juga: Buat Kaos Desain Sendiri, Perhatikan Tiga Hal Berikut

Sekedar pengingat saja. Bagi kakak-kakak perempuan harap memperhatikan warna kaos kalau pakai bahan combed 30S. Karena lebih tipis, kalau warna kaosnya cerah cendrung pucat khawatir bakal menerawang. Jadi lebih aman pakai warna yang gelap.

Harga kaos dengan bahan combed di kisaran 45-55 rb/pcs. Untuk jumlah minimal pemesanan ada di 50 pcs. Untuk pemanis, paling cocok menggunakan sablon.

Lacoste TC

Bacanya lakos tese. Jenis kain lacoste yang bisa kamu kenali kalau lihat kaos polo. Karakter kain Lacoste adalah adanya lobang di kain. Lobang ini muncul hasil dari proses rajutan dengan pola tertentu.

Tujuan rajutan lacoste adalah agar kain lebih tahan melar. Sementara bahan benangnya bisa dari benang TC yang campuran antara poliester dan katun atau benang katun murni yang menghasilkan Lacoste katun.

Umumnya, jenis kain lacoste dipakai untuk kaos berkerah. Harga untuk kaos berkerah bahan Lacoste TC berkisar antara 55-65 ribu/pcs, sudah termasuk bordir dua lokasi. Jumlah mini pemesanan di 50 pcs.

Lacoste CVC

Ada yang menyebutnya lacoste katun ada juga yang menyebutnya lacoste CVC. Perbedaan yang langsung terasa adalah Lacoste CVC terasa lebih empuk dan tebal. Sebagaimana penjelasan di atas, bahannya berasal dari benang katun. Jadi saat dipakai terasa dingin.

Harganya lumayan mahal, di 85-95 ribu/pcs, sudah termasuk bordir di dua lokasi  Minimal pemesanan di 50 pcs. Jenis bahan kaos ini banyak diminati perusahaan untuk kaos seragam.

Itu tadi sekilas info tentang jenis bahan kaos yang sering dipakai customer waktu pesan kaos. Butuh info lebih lanjut, chat tim SKJ di WA 081216111400.

Terima kasih sudah mampir dan baca. Ketemu lagi di sharing info lainnya.