kaos oblong combed 24S, kaos adem, produk konveksi kaos,



Bagi yang mau buat kaos, bahan kaos yang adem pasti jadi pertimbangan. Iklim tropis Indonesia yang lembab, gampang buat orang berkeringat. Kaos yang adem bikin badan jadi nyaman. Tidak heran bahan kaos yang adem sering ditanyakan pelanggan. 

 Lalu apa saja bahan kaos yang adem? Dan yang terpenting berapa harganya? Berikut ini jawaban dari kami, tim konveksi SKJ. 

 

Kaos Katun

Dari namanya saja kita sudah paham bahwa kaos katun bahannya dari kapas. Dalam perjalanan produksi katun, banyak perbaikan dan akhirnya ada beberapa varian yang kini kamu jumpai di toko kain. 

 

Yang paling sering kami jumpai ada empat. Keempat bahan kaos katun ini antara lain, katun carded, Katun combed 24S, Katun combed 30S, dan Lacoste katun. Mari kita bahas lebih dalam satu persatu. 

 

Katun Carded. 

Secara definisi, katun carded dihasilkan dari benang katun dari proses carding. Kapas dalam proses dibuat jadi kain mengalami beberapa proses. Sebelum jadi kain, kapas harus diubah terlebih dulu jadi benang. Nah, dalam tahap awal prosesnya ada yang disebut carding. Kapas dipisah, dibersihkan, dan digabung sehingga menjadi benang yang bisa dipakai dalam proses berikutnya. 

 

Agak membingungkan memang. Tapi mudahnya, katun carded ini meskipun masuk dalam kategori katun, sering bukan jadi pilihan utama pelanggan. Kenapa? Karena teksturnya terasa masih kasar. Selain itu kainnya juga terasa tebal. Bagi sebagian orang, tebal itu membuat jadi badan gampang berkeringat. 

 

Untuk harga kaos dengan bahan katun carded bisa dibilang paling murah. Untuk kaos oblong, lengan pendek, dengan sablon di dua lokasi, kami biasa hargai di 40-45 ribu per pcs. Untuk pemesanan di atas 100 pcs, hargana bisa lebih murah. 


Baca juga: Bahan Kaos yang Bagus

 

Katun Combed 

Nah dalam proses produksi kain katun ada yang namanya combing. Ini adalah proses lanjutan dari proses carding. Benang-benang yang sudah mulai muncul dari proses carding disisir kembali sehingga serat-seratnya punya panjang yang sama. Dan ini akhirnya membuat permukaan kain yang dihasilkan jadi lebih halus. 

 

Intinya, katun combed akan lebih halus dibandingkan katun carded. Secara harga juga lebih mahal. Di katun combed, ada dua jenis yang sering kami tawarkan ke customer, combed 24S dan 30S. 

 

Combed 24S dan 30S

Yang 24S lebih tebal dari yang 30S. Harganya bila dihitung per kilonya lebih murah. Tapi bila sudah jadi kain, harganya juga sama. Karena jatuhnya lebih berat. 

 

Harga kaos dengan bahan combed 24S dan 30S dengan model oblong, lengan pendek dan sablon di dua lokasi berkisar antara 45-50 ribu per pcs. Tentu saja kalau kamu pesan dengan jumlah di atas 100 pcs, harga bisa jadi lebih murah. 

 

Apa yang sering dipilih pelanggan kami? Setelah kami tunjukkan kain dengan bahan combed 24S dan 30S, pelanggan cenderung memilih yang 30S, terutama kalangan perempuan. Alasannya karena terasa lebih adem. 

 

Kekurangan 30S adalah karena terkesan lebih tipis, untuk warna-warna yang seperti putih cenderung menerawang. Tapi ini bisa disiasati dengan warna kaos yang lebih gelap atau lebih intens. 

 

Lacoste Katun 

kaos adem, kaos polo, kaos bahan lacoste katun

Untuk bahan lacoste katun, benangnya terbuat dari katun atau kapas. Tapi dalam proses pemintalannya ada yang khusus sehingga menjadikan kainnya berongga. Rongga kain ini, dimaksudkan agar kain lebih tahan mengkerut atau melar. 

 

Kain kaos lacoste katun sering dipakai untuk kaos dengan merek Polo. Jadi saat pelanggan pesan kaos polo bisa jadi yang dimaksud adalah kaos bekerah dengan bahan lacoste katun. 

 

Harga kaos polo lacoste katun memang terbilang mahal, antara 85-95 ribu per pcs. Yang sering pesan kaos jenis ini adalah perusahaan atau instansi pemerintah. Meski pakai kaos, masih ada nuansa resmi. 

 

Keempat bahan di atas tergolong adem. Tapi meski demikian punya perbedaan antara satu dengan lainnya. Mana bahan kaos yang cocok menurutmu? Kamu bisa cek contoh jadinya di konveksi SKJ. 

 

Silahkan hubungi tim kami di WA 081216111400 untuk konsultasi soal bahan, harga dan lama waktu produksi. 

 

Itu dulu info dari kami. Sampai jumpa di info soal kaos dan konveksi selanjutnya.