Proses produksi kaos, biaya produksi kaos, konveksi kaos Surabaya, proses buat kaos

Jumpa lagi dengan seragamkaosjaket.com. Di kesempatan kali ini tim SKJ akan bagi info soal biaya produksi kaos. Apa yang paling menentukan murah dan mahalnya kaos? Semua bakal bisa kamu lihat dari info di bawah ini. Yuk kita simak!

Bahan Kaos

Komponen terbesar biaya kaos ada di bahan kaos. Semakin mahal bahan kaos semakin mahal harga kaos. Bahan kaos ini mengambil porsi biaya produksi antara 70-80% dari total.

Baca juga: Pesan Kaos Desain Sendiri, Perhatikan Yang Berikut Ini!

Bahan Kaos Sintetis

Bahan kaos yang murah secara umum berasal dari bahan sintetis atau poliester. Bahan kaos sintetis didapat dari proses kimiawi bukan dari proses alami. Pembuatannya tidak terpengaruh musim atau masalah lain yang biasa didapati pada bahan kaos katun (kapas)

Karena alasan itu, bahan kaos sintetis murah. Sebagai contoh kaos dengan bahan hyget. Harganya bisa mencapai 15-17 ribu/pcs.

Bahan Kaos Katun

Sebagaimana asal katanya, katun berasal dari cotton yang artinya kapas. Bahan kaos katun berasal dari kapas yang didapatkan dari tumbuhan kapas, yang setelah dipanen dan diproses menjadi kain katun.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan tanaman kapas dan proses di dalamnya mempengaruhi harga kapas. Dan akhirnya juga mempengaruhi harga kaos katun.

Baca juga: Info Lengkap Soal Pesan Kaos Polo Bordir

Kapas juga tidak bisa didapatkan setiap saat. Tidak seperti bahan kaos sintetis yang bisa didapatkan setelah reaksi kimia. Maka secara umum, harga bahan kaos katun cenderung lebih mahal dibandingkan dengan yang sintetis.

Harga kaos katun dimulai dari harga 55 ribu/pcs. Kalau pesan dalam jumlah besar harga ini bisa berkurang.

Bahan Kaos Campuran Sintetis - Katun

Ada kelebihan dan kelemahan yang sintetis dan katun. Maka bagaimana kalau digabung keduanya? Sintetis dan katun, bagaimana jadinya?

Hasilnya memang ada di tengah-tengah. Harganya di tengah-tengah katun dan sintetis. Tetap elastis, dan dapat sedikit menyerap keringat.

Harga kaos dengan bahan campuran ini mulai dari harga 40 ribu/pcs. Pesan dalam jumlah besar harga bisa lebih murah.

Sablon atau Bordir

Biaya bordir atau sablon biasanya mengambil porsi yang kecil. Sablon mengambil porsi kurang dari lima ribu rupiah per kaos. Sementara biaya bordir kurang dari 10 ribu rupiah per kaos.

Biaya ini untuk sablon dan bordir normal di dua lokasi. Untuk sablon atau bordir yang tidak normal, harga tentu berbeda.

Kerah, Saku, Manset

Kerah, dan manset biasanya jadi satu. Biayanya antara 5-10 ribu per kaosnya. Yang dimaksud manset di sini adalah manset karet di lengan yang biasanya ada di kaos polo.

Sementara saku cuma mengambil porsi maksimal dua ribu rupiah per kaos.

Tenaga Kerja

Ini komponen terakhir yang masuk dalam biaya produksi. Proses potong kain, jahit, packing, semua butuh tenaga kerja dan ini mengambil porsi 10-15% biaya produksi.

Kalau dipikir-pikir, murah juga ya biaya tenaga kerjanya? Ini kalau kau menghitung berdasarkan satuan. Tapi di konveksi, satu penjahit sehari bisa menyelesaikan sampai 200 kaos. Jadi tinggal dikalikan saja. Ongkos yang didapatkan penjahit selama ini mereka anggap memadai.

Itu tadi komponen-komponen biaya produksi kaos. Lengkap infonya mulai dari bahan, sablon-bordir, kerah-manset-saku dan tenaga kerja. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan ditulis di bagian comment. Atau bisa juga kamu tanya ke tim SKJ lewat WA 081216111400.

Terima kasih sudah mampir dan baca. Jumpa lagi di info-info soal konveksi kaos berikutnya.