Bahan kaos terbaik, katun combed, Bahan Kaos katun, macam bahan kaos, konveksi kaos Surabaya

Kalau menurut Konveksi Kaos Surabaya, SKJ, bahan kaos terbaik adalah katun combed 24S dan katun combed 30S. Kenapa? Ada beberapa pertimbangan. Berikut ulasan lebih jelasnya. 

Banyak Dijual Di Toko Kain

Iya, pertimbangan pertama adalah karena dua bahan ini lumrah dijumpai di toko kain kaos. Kenapa pertimbangan ini penting? Karena sebagus apapun bahannya kalau kamu susah dapatnya, kamu juga bakal susah buatnya. Kecuali kamu punya channel khusus langsung ke pabrik pembuatnya. 

Tapi selama kamu masih beli bahan kain kaos di toko, ketersediaan adalah hal penting. 

Baca juga: Bahan Kaos Seragam Pabrik 

Pernah customer kami buatkan kaos dengan bahan tertentu yang hanya ada di satu toko dari toko-toko yang ada di Surabaya. Bahannya memang bagus, adem dan empuk. Hanya saja, kainnya hanya ada di satu toko itu saja.

Saat customer yang sama ingin pesan lagi, kami jadi tergantung dengan toko tersebut. Saat kain belum datang atau stok tidak ada, customer nggak jadi pesan. 

Beda saat pakai bahan combed 24S atau combed 30S. Rata-rata tiap toko ada. Meskipun ada sedikit beda antara satu dengan lainnya, bedanya tidak terlalu signifikan. Bila satu toko stok kainnya lagi habis, bisalah ambil kain dari toko lainnya. 

Cocok dengan Cuaca Surabaya 

Alasan kedua adalah karena cocok dengan cuaca Surabaya yang panas. Indonesia atau Surabaya identik dengan panas tapi kelembaban udaranya tinggi. Jadi orang mudah merasa gerah alias sumuk. 

Combed, baik yang 24S atau 30S, berasal dari katun sehingga bisa menyerap keringat. Kulit akan merasa dingin bila uap air berhaail dikeluarkan tubuh. Kelembaban udara tinggi artinya uap air di udara tinggi. Uap air tubuh susah masuk di udara. Jadinya adalah keringat. 

Baca juga: Bahan Kaos yang Bagus 

Tanda gerah adalah keringat. Tapi dengan kain berbahan katun, uap air diserap oleh serat-serat katun. Akhirnya badan jadi terasa dingin. 

Ini tentu berbeda dengan kaos yang berbahan dasar sintetis atau poliester. Tidak ada rongga dalam serat kain sintetis atau poliester. Uap air dalam tubuh tidak diserap. Maka keringat akan keluar. Begitu keringat keluar dan bercampur dengan bakteri yang ada di tubuh, muncul bau badan uang tidak sedap.

Harga yang Bersahabat

Kaos polo dengan bahan lacoste katun atau CVC bandrolnya berkisar 85-95 ribu/pcs. Bandingkan dengan kaos bahan combed Yang harganya di kisaran 50-55 ribu/pcs untuk oblong dan 55-60 ribu/pcs untuk model polo atau berkerah. 

Jadi tidak terlalu mahal menurut kami bagi customer. 

Kekurangan Combed

Dari tiga kelebihan di atas, kekurangan bahan combed adalah elastisitasnya. 

Tidak seperti bahan kaos sintetis yang elastis, combed kurang di aspek ini. Saat kain katun ditarik, serat-serat mikroskopis di dalamnya bisa jadi rusak sehingga tidak bisa kembali ke bentuk semula. 

Maka kaos combed rawan melar atau mengecil setelah dipakai berulang kali. 

Combed memang tidak sempurna, tapi kelebihannya bisa menutupi kekurangannya. Itulah alasan kenapa bahan combed 24S Dan combed 30S adalah bahan kaos terbaik menurut konveksi kaos Surabaya SKJ. 

Terima kasih sudah mampir dan baca. Jumpa lagi di info-info berikutnya.