Jumpa lagi dengan SKJ, seragamkaosjaket.com. Kali ini kita bakal ngobrol sedikit soal tiga hal penting yang mesti kamu tahu kalau kamu mau pesan kaos sablon. Tiga hal penting itu adalah, desain sablon, warna - bahan kaos, dan jenis sablon. 

Di SKJ, setiap kamu akan pesan kaos pasti ditanya dulu jumlah, jenis kain, desain dan waktu mau dipakai. Empat hal ini pasti akan ditanyakan tim produksi. Sementara untuk kaos sablon akan menitikberatkan di tiga hal di atas. Yuk, kita bahas satu persatu. 

Desain Sablon 

Hal pertama yang harus kamu teliti sebelum produksi berjalan adalah desain sablon. Apakah betul desain sudah sesuai dengan yang kamu harapkan? Minta ke konveksi kaos untuk share terlebih dulu. 

Bukan berarti cerewet ya. Ini berjaga-jaga agar jangan sampai terjadi kesalahan waktu produksi. Karena kalau terjadi kesalahan waktu produksi, bakal banyak hal yang jadi ribet. 

Konveksi bisa jadi siap buat yang baru, tapi apakah waktunya cukup? Apa nggak keburu dipakai? Bagaimana dengan bahan? Apakah bahannya masih ada toko kain? Kalau sudah habis, mesti nunggu kiriman bahan dari pabrik lho. Waktunya sering tidak bisa diprediksi. 

Jadi sebelum produksi berjalan, pastikan desain sablon sudah sesuai. 

Warna - Bahan Kaos 

Desain yang bagus biasanya punya karakter kontras antara sablon dengan background. Background kaos sablon berarti warna kaosnya. Warna apa kaos yang kamu pesan? Sudah ada karakter kontras dengan desain sablon atau belum? 

Hal berikutnya yang harus kamu tahu adalah tidak semua warna waktu desain tersedia di warna kaos. Waktu desain sablon di hape atau laptop kamu bisa menentukan warna backgroundnya. Lalu bagaimana dengan kaosnya? Apakah warna kaosnya tersedia. 

Di laptop ada warna biru langit. Bagaimana dengan warna kaosnya? Ada baiknya kau minta potongan warna kaos seperti desain yang kamu minta. Kalau foto kadang masih susah menentukan. Melihat warna kain dari hasil foto dengan melihat dengan mata kadang berbeda. 

Selain itu bahan kain juga berpengaruh di warna. Warna biru muda di bahan katun (baik katun combed, atau carded) berbeda ketajamannya dengan dari bahan sintetis (TC, BTM, Semikatun dsb). 

Maka sebelum produksi mulai, pastikan kamu tahu warna kain - bahan kaos apa yang bakal dipakai. Lihat dan pastikan dengan langsung jauh lebih baik. 

Jenis Sablon Bermacam-Macam 

Default-nya, ketika ada orang yang pesan kaos sablon di SKJ, jenis sablonnya adalah pasta karet, atau rubber. Untuk sablon pasta karet, pasta yang kami pakai juga standar. Artinya tidak gampang mengelupas. 

Selain sablon pasta karet ada sablon plastisol dan DTF, atau Direct to Fabric. Kedua jenis sablon ini juga kami siap layani. 

Secara penampilan, plastisol menghasilkan gambar yang lebih mengkilap. Sementara DTF, cocok untuk gambar-gambar dengan gradasi warna seperti foto.

Secara harga, plastisol dan DTF juga lebih mahal. Plastisol harus nambah 10-20 ribu per lokasi sablon. Sementara DTF harus nambah biaya sablon 20-30 ribu per lokasi sablon. Ingat biaya sablon ini ditentukan luas gambarnya. Semakin luas gambar, semakin mahal harganya.

Oke itu dulu ya obrolan kita tentang tiga hal penting kalau kamu mau pesan kaos sablon. Kalau kamu ada pertanyaan, silahkan comment di bawah atau chat dengan tim SKJ lewat WA di 081216111400.

Terima kasih sudah mampir dan baca. Sampai jumpa lagi di obrolan berikutnya.